Detail Cantuman

Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog


Text

PENGARUH PROMOSI, LOKASI, DAN KUALITAS LAYANAN TERHADAP LOYALITAS PELANGGAN DAN KEPUASAN PELANGGAN SEBAGAI VARIABEL INTERVENING PADA ALFAMART KOTAMADYA BEKASI

Persaingan di dunia bisnis sekarang sudah semakin ketat, hal ini juga dirasakan oleh pelaku bisnis retail seperti Alfamart yang harus memaksimalkan segala upaya agar pelanggan merasa puas dan tidak berpindah belanja ke toko lain, maka perusahaan harus mengetahui faktor-faktor yang mempengaruhi loyalitas pelanggan. Loyalitas pelanggan dapat diciptakan melalui promosi, lokasi dan kualitas layanan yang baik. Saat ini persaingan promosi yang ketat, lokasi toko minimarket yang menjamur dan kualitas layanan dari karyawan toko yang diberikan membuat pelanggan sangat selektif dalam memilih toko untuk belanja. Hal tersebut menjadi motivasi dibuatnya penelitian ini. Secara khusus penelitian ini membahas tentang loyalitas pelanggan Alfamart di wilayah Kotamadya Bekasi sebagai variabel dependen dengan tiga variabel independen yaitu promosi, lokasi,dan kualitas layanan melalui variabel intervening yaitu kepuasan pelanggan. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh langsung ketiga variabel independen tersebut terhadap loyalitas pelanggan, dan pengaruh tidak langsung ketiga variable tersebut melalui variabel interveningnya.
Penelitian ini dilakukan dengan metode kuesioner terhadap 220 pelanggan Alfamart di wilayah Kotamadya Bekasi yang diperoleh dengan menggunakan teknik purposive sampling. Kemudian dilakukan analisis terhadap data-data yang diperoleh berupa analisis kuantitatif dan kualitatif. Analisis kuantitatif meliputi uji validitas dan uji reliabilitas, uji asumsi klasik, dan uji analisis jalur yang terdiri dari dua struktur jalur. Analisis kualitatif merupakan interpretasi data yang diperoleh dalam penelitian serta hasil pengolahan data yang sudah dilaksanakan dengan memberi keterangan dan penjelasan.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa promosi berpengaruh langsung terhadap loyalitas pelanggan (H1 diterima), lokasi berpengaruh langsung terhadap loyalitas pelanggan (H2 diterima), kualitas layanan berpengaruh langsung terhadap loyalitas pelanggan (H3 diterima), kepuasan pelanggan berpengaruh langsung terhadap loyalitas pelanggan (H4 diterima), promosi berpengaruh langsung terhadap kepuasan pelanggan (H5 diterima), lokasi berpengaruh langsung terhadap kepuasan pelanggan (H6 diterima), kualitas layanan berpengaruh langsung terhadap kepuasan pelanggan (H7 diterima)

 Ketersediaan

#
Perpustakaan USNI Kampus B (SKRIPSI) Location name is not set
8180116
Tersedia

  Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
 : USNI  : BEKASI
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas