Informasi
Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog
Text
RESEPSI KHALAYAK TERHADAP PERSONAL BRANDING HABIB HUSEIN JA’FAR PADA AKUN INSTAGRAM @HUSEIN_HADAR
Kehadiran akun Instagram @Husein_hadar adalah salah satu akun yang
memanfaatkan social media sebagai platform untuk berdakwah. Dengantujuan
penelitian ini untuk mengetahui resepsi khalayak terhadap personal branding Habib
Husein Jafar pada akun Instagram @Husein_hadar.
Penelitian ini menggunakan teori encoding dan decoding dan menggunakan
landasan konseptual personal branding dari peter montoya. Yaitu Spesialisasi,
Kepemimpinan, Kepribadian, Perbedaan, Kenampakan, Kesatuan, Ketaguhan dan
Nama Baik.
Pendekatan yang digunakan adalah kualitatif, analisis data menggunakan
analisis resepsi Stuart Hall. Pada penelitian kualitatif Teknik pengumpulan data
focus group discussion (FGD), paradigma konstruktivis, analisis data mencakup
proses: Reduksi Data,Penyajian Data, dan Kesimpulan/Validasi.
Focus Group Discussion (FGD) memperlihatkan bahwa setiap infoeman
memberikan pemaknaan (decoding)terhadap pesan media melalui 3 kemungkinan
posisi yaitu Dominan, Negosiasi, dan Oposisi. Perbedaan pemaknaan khalayak
karena setiap individu mempunyai latar belakang yang berbeda seperti Pendidikan
dan budaya.
Dari hasil tersebut di ketahui bahwa resepsi khalayak terhadap akun
Instagram @Husein_hadar berada di posisi dominan yang dimana informan
menganggap cara berdakwah dan penampilan Habib sangat unik da gaul serta
menggunakan Bahasa yang santun dan lemah lembut.
Ketersediaan
Informasi Detail
Judul SeriVersi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain