Detail Cantuman

Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog


Text

Makna Pesan Yang Terkandung Pada Window Display Brand Et Cetera Dalam Menarik Kunjungan Konsumen Melalui Visual Merchandising (Analisis Semiotik Charles Sanders Pierce)

Penelitian ini dilatarbelakangi Pertumbuhan pasar retail (toko) di
Indonesia menunjukkan trend yang posistif. Sejalan dengan perkembangan waktu
dan perubahan gaya hidup masyarakat yang berpengaruh pada pola belanja,
kegiatan bisnis retail (toko) atau bisnis eceran modern di Indonesia terus
berkembang pesat. Berkembangnya industri ritel (toko) pada saat ini membuat
para konsumen dihadapkan pada begitu banyaknya pilihan produk yang sejenis
sehingga para peritail harus dapat menciptakan pendekatan yang bisa dilakukan
melalui penerapan melalui makna pesan yang terkandung pada window display
(jendela toko) yang dilakukan oleh visual merchandiser (orang yang melakukan
penataan pada produk dagang) yang unik untuk memberikan diferensiasi
terhadap produknya dan menimbulkan kunjungan dari para konsumen.
Penelitian yang dilakukan oleh penulis terhadap makna pesan pada
window display brand et cetera telah memberikan suatu penjelasan dan gambaran
yang cukup jelas untuk nantinya dikaji lagi dengan menggunakan analisa
semiotika Charles Sanders Pierce, dalam hal ini penulis tidak hanya
memposisikan diri sebagai user, namun juga berperan secara aktif dalam
menginterpretasikan setiap makna pesan yang terkandung pada window display
brand et cetera yang penulis catat sebagai tanda-tanda yang mengandung unsur
makna.
Penulis menggunakan pendekatan kualitatif karena penulis ingin
menjelaskan secara mendalam mengenai makna pesan yang terkandung pada
window display brand et cetera yang dilakukan oleh Visual Merchandising dalam
mengkomunikasikan barang atau jasa retail (toko) melalui tanda petunjuk (signed)
yang terdapat dipusat perbelanjaan (mall) dalam menarik kunjungan konsumen.
penelitian ini, penulis akan menggunakan metode analisis semiotika khususnya
Semiotika Charles Sanders Pierce. Penulis menggunakan metode ini karena
viiiix
Semiotika Pierce menekankan pada 3 unsur yaitu sign, object dan
interpretant yang sesuai dengan apa yang ingin diteliti oleh peneliti.
Teori Segitiga makna (Triangle of Meaning) adalah sebuah teori yang
mengupas tentang bagaimana makna muncul dari sebuah tanda ketika tanda
tersebut digunakan untuk berkomunkasi. Karena penulis ingin mendeskripsikan
secara mendalam mengenai makna pesan yang terkandung pada window display
brand et cetera yang dilakukan oleh visual merchandiser dalam
mengkomunikasikan barang atau jasa ritail (toko) yang terdapat dipusat
perbelanjaan (mall) dalam menarik kunjungan konsumen dari hasil sebuah proses
penalaran.
Analisis dengan segitiga makna Charles Sanders Pierce terhadap berbagai
tanda-tanda yang telah diidentifikasi sebelumnya, penulis dapat mengambil
sebuah kesimpulan umum dari tanda-tanda tersebut yang mencakup keseluruhan
bagian potongan–potongan elemen pada window display yaitu makna pesan yang
terkandung pada window display mencoba menyampaikan pesan dengan
menvisualisasikan visi misi perusahaan maupun produk yang di tawarkan ke
dalam suatu bentuk konsep visual yaitu window display yang terdapat di brand et
cetera dalam menarik kunjungan konsumen.

 Ketersediaan

#
Perpustakaan USNI Kampus A (RUANG SKRIPSI) IKOM 2017
08170186
Tersedia

  Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
IKOM 2017
Penerbit
 : USNI  : JAKARTA
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas