No image available for this title

Text

ANALISIS PERHITUNGAN DAN PERLAKUAN AKUNTANSI PAJAK PERTAMBAHAN NILAI (PPN) PADA PT. KOSEN SEIKOO MAKMUR



Pajak pertambahan nilai (PPN) adalah pajak yang dipungut dan dikenakan atas barang kena pajak.Pajak pertambahan nilai dapat dipungut pada berbagai mata rantai jalur usaha. Kendati pun dipungut beberapa kali namun karena pengenaannya hanya terhadap pertambahan nilai yang timbul pada setiap penyerahan barang atau jasa pada jalur usaha berikutnya, maka beban pajak ini pada akhirnya tidak lagi berat. Pajak ini dipungut melalui faktor pajak, selisih antara pajak masukan dan keluaran pada perusahaan merupakan pajak pertambahan nilai yang terutang yang harus disetor ke kas Negara.
Objek Penelitian ini di PT. Kosen Seikoo Makmur. Tujuan penelitian adalah untuk mengetahui perhitungan dan perlakuan akuntansi pajak pertambahan nilai pada perusahaan. Penelitian ini berbentuk deskriptif yaitu dengan mengumpulkan, merumuskan, mengklasifikasikan, menginterprestasikan dan menganalisis data sehingga memberikan pemecahan terhadap suatu masalah. Dalam memperoleh data-data yang diperlukan, maka penulis menggunakan teknik pengumpulan data berupa wawancara dan dokumentasi. Jenis data yang digunakan berupa data sekunder. Data yang diperoleh bersumber dari bagian perpajakan dan bagian akuntansi.
Berdasarkan hasil penelitian bahwa perhitungan dan perlakuan akuntansi pajak pertambahan nilai yang dilakukan perusahaan sudah sesuai dengan aturan perpajakan dan undang-undang yang berlaku. Hal ini dapat dilihat dari prosedur pembukuan mengenai pembelian, penjualan, dan pembayaran pajak pertambahan nilai sudah sesuai dengan ketentuan perpajakan yang sudah ditetapkan.


Ketersediaan

Tidak ada salinan data


Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit : .,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this