Detail Cantuman

Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog


Text

Pengaruh Faktor-Faktor Ekonomi Makro Terhadap Return Saham Dengan Profitabilitas Sebagai Variabel Intervening Pada Perusahaan Perbankan Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia Periode 2017-2019

Pada era saat ini perkembangan perekonomian merupakan hal yang paling sering dijadikan acuan mengenai perkembangan keadaan suatu negara. Dan sektor terkait dalam hal ini adalah sektor perbankan, asuransi dan pasar modal. Yang cukup berpengaruh adalah sektor perbankan yang berperan terhadap lingkungan ekonomi makro. Indikator ekonomi makro yang seringkali dihubungkan dengan pasar modal adalah nilai tukar dan Produk Domestik Bruto (PDB), selain itu dipengaruhi juga oleh laba rugi perusahaan. Ini merupakan indikator investor memutuskan berinvestasi dengan melihat return saham perusahaan.
Penelitian ini meneliti tentang pengaruh faktor-faktor ekonomi makro terhadap return saham dengan profitabilitas sebagai variabel intervening pada perusahaan perbankan yang terdaftar di bursa efek indonesia periode 2017-2019. Faktor-faktor ekonomi makro yang digunakan adalah nilai tukar dan prodak domestik bruto (PDB). Populasi dari penelitian ini adalah semua perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia periode 2017-2019, dan sampel sejumlah 25 perusahaan dengan tehnik purposive sampling. Data penelitian ini berupa data sekunder yang diperoleh dengan menggunakan motode dokumentasi. Teknik analisis data dilakukan dengan analisis jalur.
Hasil penelitian in menunjukkan bahwa: (1) Nilai tukar tidak berpengaruh terhadap profitabilitas pada perusahaan perbankan; (2) Produk domestik bruto (PDB) tidak berpengaruh terhadap profitabilitas pada perusahaan perbankan; (3) Profitabilitas berpengaruh langsung secara positif terhadap return saham pada perusahaan perbankan; (4) Nilai tukar berpengaruh langsung terhadap return saham melalui profitabilitas (ROA) pada perusahaan perbankan; (5) Produk domestik bruto (PDB) berpengaruh langsung signifikan terhadap return saham melalui profitabilitas (ROA) pada perusahaan perbankan.

 Ketersediaan

#
Perpustakaan USNI Kampus B Location name is not set
8200939
Tersedia

  Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
 : USNI  : JAKARTA
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas