Detail Cantuman

Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog


Text

MAKNA PESAN SARKASME PADA KOMUNITAS BOLA BASKET HYPER’C

Komunikasi tidak dapat terlepas dari penggunaan bahasa dalam interaksinya. Sayangnya remaja saat ini banyak menggunakan bahasa sarkasme sama seperti yang dilakukan komunitas Hyper’c. Dimana sarkasme merupakan simbol yang mempunyai makna pesan berbeda dari arti sarkasme yang sebenarnya.
Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Interaksionisme Simbolik. Konsep yang digunakan ada simbol, makna pesan, konsep diri, pikiran, komunikasi dan sarkasme.
Pendekatan yang dilakukan dalam penelitian ini ada kualitatif, paradigma kontruktivis, sifatnya deskriptif, metode semiotika. Dengan teknik pengumpulan data menggunakan Miles dan Huberman. Pengumpulan data dilakukan dengan observasi, wawancara, dan dokumentasi.
Hasil dari penelitian ini menyatakan bahwa sarkasme dalam komunikasi yang dilakukan komunitas bola basket Hyper’c memiliki makna tersendiri. Sarkasme digunakan tidak untuk mencela, menghina dan sebagainya tetapi untuk bercanda, dan mendekatkan hubungan. Dan hubungan yang ada dalam komunitas ini berjalan dengan baik.
Kesimpulan dari penelitian yang dilakukan bahwa simbol sarkasme memiliki makna pesan didalam komunitas Hyper’c. Sehingga kata-kata sarkas yang digunakan diartikan sebagai candaan, mempererat hubungan dan mencairkan suasana bukan untuk mengejek dan menyindir.

 Ketersediaan

#
Perpustakaan USNI Kampus A Location name is not set
8220212
Tersedia

  Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
 : Universitas Satya Negara Indonesia  : JAKARTA
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas