Detail Cantuman

Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog


Text

PEMBINGKAIAN BERITA TENTANG PEMECATAN PERMANEN MANTAN MENKES TERAWAN DARI KEANGGOTAN IDI DI KOMPAS.COM DAN REPUBLIKA.CO.ID (Analisis Framing Model Robert N. Entman)

Penelitian ini membahas mengenai pengamatan singkat pada berita-berita antara media Kompas.com dan Republika.co.id yang memberitakan mengenai pemecatan Dokter Terawan dari IDI pada bulan maret sampai juli 2022, dengan menunjukkan perbedaan dalam media-media online tersebut.
Teori yang digunakan pada penelitian ini adalah Teori Realitas Media, yang membahas tentang sebuah model analogi sebagaimana suatu realitas itu terjadi secara rasional. Realitas peta analog suatu konstruksi realitas yang dibangun berdasarkan konstruksi sosial media massa.
Pada penelitian ini menggunakan paradigma pendekatan kualitatif metode data dalam bentuk verbal dan bersifat deskriptif. Teknik yang dipakai adalah analisis framing untuk mengetahui sudut pandang apa yang digunakan media saat menyusun, mengemas dan menyajikan sebuah berita antara Kompas.com dan Republika.co.id.
Dalam penelitian ini, penulis menemukan baik Kompas.com maupun Republika.co.id sama-sama mengkonstruksi isu pemecatan Dokter Terawan dari keanggotaan IDI.
Kesimpulan dari penelitian ini, hendaknya Kompas.com dan Republika.co.id tetap memperhatikan dan mempertahankan unsur berita dengan aturan-aturan pemberitaan yang telah diatur dalam undang-undang NO. 40 Tahun 1999 tentang Pers dan Kode Etik Jurnalistik.

 Ketersediaan

#
Perpustakaan USNI Kampus A Location name is not set
8220262
Tersedia

  Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
 : Universitas Satya Negara Indonesia  : JAKARTA
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas