Detail Cantuman

Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog


Text

ANALISIS FRAMING PEMBERITAAN MENINGGALNYA EMMERIL KAHN MUMTADZ (ERIL) PADA MEDIA ONLINE DETIK.COM DAN TRIBUNNEWS.COM

Penelitian ini dilatar belakangi oleh munculnya pemberitaan mengenai peristiwa meninggalnya Emmeril Kahn Mumtadz (Eril) yang merupakan putra sulung dari seorang Gubernur Jawa Barat yaitu Ridwan Kamil pada akhir bulan Mei 2022. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui media online Tribunnews.com dan Detik.com dalam membingkai (frame) pemberitaan tersebut dengan pendekatan analisis framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki.
Landasan teori yang digunakan adalah teori konstruksi realitas sosial dalam menganalisis suatu pemberitaan untuk dapat mengetahui bagaimana cara media mengonstruksi sutau pemberitaan.
Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivisme karena pengetahuan yang pandangan yang dimiliki setiap orang terhadap sesuatu berbeda-beda, dalam hal ini cara wartawan pada media dalam membangun pemberitaan. Pendekatan penelitian kualitatif dan metode yang digunakan adalah analisis framing Zhongdang Pan dan Kosicki, dengan sifat penelitian dektriptif. Teknik pengumpulan data menggunakan data primer dan data sekunder. Subjek penelitian ini adalah empat berita.
Hasil yang diperoleh dari penelitian ini menunjukkan bagaimana wartawan atau media membingkai suatu peristiwa dalam bentuk berita yang akan disajikan kepada masyarakat luas berdasarkan sudut pandang dari media itu sendiri, yang nantinya akan terlihat konstruksi sosial, netralis, dan objektivitas dari isi pemberitaan dari kedua media tersebut.
Dari kedua media online yang diteliti tersebut dapat ditarik kesimpulan bahwa adanya perbedaan pembingkaian dalam penyajian pemberitaannya.

 Ketersediaan

#
Perpustakaan USNI Kampus A Location name is not set
180900028
Tersedia

  Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
 : USNI  : JAKARTA
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas