Detail Cantuman

Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog


Text

ANALISIS BERITA SURVEI INDIKATOR TRAGEDI KANJURUHAN PADA TEMPO.CO DAN RMOL.ID (Analisis Framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki)

Permasalahan dalam penelitian ini terkait tragedi Kanjuruhan yang menjadi kontroversi atas siapakah yang harus disalahkan antara Kepolisian atau PSSI, sehingga dilakukan Survei Indikator Tragedi Kanjuruhan. Tujuan penelitian ini berguna untuk mengetahui media online Tempo.co dan RMOL.id dalam membingkai tentang Survei Indikator Tragedi Kanjuruhan dengan menggunakan analisis framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki.
Teori yang digunakan adalah teori konstruski realitas media dan konsep komunikasi massa. Metode yang digunakan penulis dalam penelitian ini adalah analisis framing Zhongdang Pan dan Gerald M. Kosicki. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana media Tempo.co dan RMOL.id mengkonstruksi dan membingkai suatu pemberitaan.
Desain penelitian yang digunakan penulis dengan menggunakan paradigma konstruktivis, pendeketan kualtitati dengan metode penelitian analisis framing, sifat penelitian deskriptif, teknik pengumpulan data dokumentasi, dan teknik analisis framing model Zhonddang Pan dan Gerald M. Kosicki. Analisis framing yang diteliti penulis mengenenai pemberitaan Survei Indikator Tragedi Kanjuruhan oleh Tempo.co dan RMOL.id.
Hasil penelitian penulis akan memperlihatkan bagaimana media dan jurnails Tempo.co atau RMOL.id membingkai suatu fenomena yaitu berita yang akan disajikan kepada masyarakat sebagai pembaca berita dengan sudut pandang media itu sendiri dan akan terbentuk konstruksi sosial.
Kesimpulan dari penelitian pembingkaian berita Tempo.co memberikan kesan untuk pembaca memiliki pandangan percaya pihak kepolisian menjadi pelaku utama tragedi Kanjuruhan, sedangkan RMOL.id memberikan kesan untuk percaya pihak PSSI yang lalai dalam tragedi Kanjuruhan.

 Ketersediaan

#
Perpustakaan USNI Kampus A (SKRIPSI) Location name is not set
8230055
Tersedia

  Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
 : USNI  : JAKARTA
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas