Detail Cantuman

Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog


Text

Penanaman Pesan Simbolik ada Anak Difabel (Interaksi Simbolik Dalam Komunikasi Interpersonal Pada Anak Tunagrahita di Sekolah Luar Biasa Negeri 6 Jakarta)

Manusia adalah makhluk sosial yang saling berhubungan satu dengan yang lainnya. Sebagai makhluk sosial, manusia dituntut untuk dapat berkomunikasi satu dengan yang lainnya sehingga bisa menjalin hubungan dengan orang lain dalam kehidupan. Anak tunagrahita yang memiliki kesulitan dalam berkomunikasi dengan orang lain membuat interaksi anak tunagrahita ini menjadi terhambat. Dari kesulitan berkomunikasi ini membuat anak tunagrahita ini cenderung dijauhi oleh sekitarnya. Untuk kata-kata yang bersifat abstrak mereka mengalami kesulitan dalam memahami. Dari semua kesulitan tersebut menjadi suatu masalah yaitu pertukaran pesan dan penyampaian yang tidak berjalan dengan baik. Kesulitan dalam memahami kata-kata menjadikan adanya kesalahan dalam proses penyampaian pesan.
Penelitian ini menggunakan teori Interaksi Simbolik untuk mengetahui intreaksi yang terjadi antara guru dengan anak tunagrahita dan anak tunagrahita dengan sesamanya. Penelitian yang dilakukan ini untuk mengetahui untuk mengetahui bentuk komunikasi yang dilakukan oleh guru kepada anak tunagrahita dan untuk mengetahui proses interaksi yang dibangun dalam membentuk interaksi baru di lingkungan sekolah.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan sifat penelitian deskriptif. Metode penelitian yang digunakan adalah studi kasus dengan melakukan wawancara berstruktur dan observasi non participant.. Hasil penelitian ini membahas
mengenai bentuk komunikasi yang dilakukan guru terhadap anak tuangrahita dan proses interaksi yang dibangun dalam membentuk interaksi baru di lingkungan anak tuangrahita baik dengan guru atau orang normal dan anak tunagrahita dengan
sesamanya secara verbal maupun non verbal
Melalui data yang diperoleh secara keseluruhan dapat disimpulkan bahwa bentuk komunikasi dan proses interaksi yang dibangun di lingkungan sekolah menggunakan bentuk komunikasi dua arah dan proses interaksi yang sudah cukup baik.

 Ketersediaan

#
Perpustakaan USNI Kampus A Location name is not set
08190076
Tersedia

  Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
 : USNI  : JAKARTA
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas