No image available for this title

Text

Makna Pesan Visual Dalam Iklan Djarum 76



Iklan rokok Djarum 76 versi “Caleg Cerdas” merupakan iklan yang diproduksi PT Djarum guna memasarakan produk rokoknya. Didalam iklan ini terdapat figur seorang caleg dan seorang jin ajaib yang saling berinteraksi. Interaksi kedua figure ini merupakan sebuah interaksi simbolik yang menjadi simbolisasi dari pesan iklan. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui apakah makna pesan visual yang tersirat di dalam iklan Djarum 76 versi “Caleg Cerdas”.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan analisis semiotik Charles Sanders Pierce. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori interaksi simbolik, teori semiotika, dan teori simbol. Subyek penelitian ini adalah iklan Djarum 76 versi “Caleg Cerdas” pada media YouTube. Sedangkan obyek penelitiannya adalah tokoh, scene, komunikasi/pesan verbal, komunikasi/pesan nonverbal, dan setting yang ada dalam iklan Djarum 76 versi “Caleg Cerdas”.
Berdasarkan hasil penelitian ditemukan bahwa iklan ini mengandung unsur budaya berbalut parodi dimana setiap pesan verbal/nonverbal dan juga interaksi simbolik antar para figur dalam iklan memiliki makna yang tersirat.
Iklan Djarum 76 versi “Caleg Cerdas” ini merupakan simbolisasi dari pesan iklan tentang kritik terhadap begitu banyaknya wakil rakyat di pemerintahan yang tidak mampu atau tidak kompeten untuk mengatasi berbagai permasalahan yang ada seperti
macet, sampah, banjir dan sebagainya.


Ketersediaan

08190078Perpustakaan USNI Kampus ATersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit USNI : JAKARTA.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this