No image available for this title

Text

Opini Mahasiswa Pengguna Media Online Pada Krediblitas Akurasi Portal DAKTA.COM ditinjau dari Penyajian Beritanya



Fenomena era digital ini ditandai dengan hadirnya media online. Keberadaan jurnalisme online (berita) selalu menjadi sorotan karena sering dianggap tidak mengedepankan objektifitas (akurasi, fairliness, dan kelengkapan) berita hanya untuk mengejar keinstanan. Penelitian ini bertujuan untuk meneliti seberapa besar persentase opini mahasiswa pengguna media online pada kredibilitas akurasi portal Dakta.com ditinjau dari penyajian beritanya. Penelitian ini didasarkan pada teori tiga komponen pembentuk pendapat umum yaitu ABC of Attitude yang disampaikan oleh D.W Rajecki.
Pada penelitian ini hanya menekankan pada komponen C yaitu cognition. Penelitian ini menggunakan pendekatan kuantitatif dengan metode survei. Teknik penarikan sampel menggunakan sampel jenuh dimana semua populasi dijadikan sampel. Besar persentase opini mahasiwa pada kredibilitas akurasi penyajian berita dari dimensi kepercayaan terhadap judul 70%. Persentase dimensi nilai terhadap kecepatan waktu 68%.
Persentase dimensi pengharapan terhadap kecepatan waktu 97%. Hasil penelitian menyebutkan bahwa besar persentase kecenderungan opini mahasiwa pada kredibilitas akurasi penyajian berita ada pada dimensi pengharapan. Dari komponen cognition (pengetahuan) mahasiswa pada kredibelitas akurasi penyajian berita, opini mahasiswa mengharapakan Dakta.com dapat memperbaiki serta meningkatkan kredibiltas akurasi dalam penyajian dan mengupdate berita setiap menitnya.


Ketersediaan

82003458Perpustakaan USNI Kampus ATersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit USNI : JAKARTA.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this