No image available for this title

Text

Eksistensi Media Monitoring Dalam Pemberitaan Registrasi Kartu Prabayar



Dalam penelitian ini mencoba menganalisis secara deskriptif mengenai eksistensi media monitoring dalam pemberitaan registrasi kartu prabayar yang dilakukan di Biro Humas Kemkominfo pada Sub Bagian Pengelolaan Opini Publik dan Analisa Berita. Dimana hal tersebut merupakan sebagai badan publik pada sebuah lembaga Pemerintahan yang sangat strategis dalam upaya membangun citra positif bagi Pemerintahan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mengapa pelaksanaan kegiatan media monitoring itu diperlukan dalam sebuah instansi Pemerintah seperti pada Kemkominfo, dan juga untuk mengetahui langkah-langkah yang dilakukan dalam proses pelaksanaan kegiatan media monitoring.
Penulis menggunakan teori new media dan teori S-O-R, dimana kedua teori tersebut membahas mengenai adanya komunikasi digital pada era globalisasi zaman modern yang dapat memudahkan publik/masyarakat untuk menyajikan/mendapatkan sebuah informasi dan mengungkapkan adanya reaksi akibat dari adanya penyebaran informasi yang diberikan oleh media, terdapat kaitan erat antara pesan-pesan media dengan reaksi dari khalayak. Subjek penelitian dalam penelitian ini ialah terdiri dari satu key informant dan lima informant. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, studi kepustakaan, studi dokumentasi, dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya kegiatan media monitoring dalam pemberitaan registrasi kartu prabayar yang dilakukan pada Biro Humas Kemkominfo tersebut dilakukan agar Kemkominfo mengetahui baik buruknya citra Kemkominfo di mata publik dengan menganalisis berita-berita terkait Kemkominfo dan dijadikan suatu bentuk kontrol/pengumpulan informasi mengenai tahapan pencapaian tujuan sebuah program yaitu wajib melakukan registrasi pada nomor kartu prabayar.


Ketersediaan

82003468Perpustakaan USNI Kampus ATersedia

Informasi Detil

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit USNI : JAKARTA.,
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subyek
Info Detil Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain


Lampiran Berkas



Informasi


DETAIL CANTUMAN


Kembali ke sebelumnyaXML DetailCite this