Detail Cantuman

Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog


Text

Eksistensi Media Monitoring Dalam Pemberitaan Registrasi Kartu Prabayar (Studi Kasus Pada Biro Humas Kementerian Komunikasi dan Informatika RI)

Dalam penelitian ini mencoba menganalisis secara deskriptif mengenai eksistensi media monitoring dalam pemberitaan registrasi kartu prabayar yang dilakukan di Biro Humas Kemkominfo pada Sub Bagian Pengelolaan Opini Publik dan Analisa Berita. Dimana hal tersebut merupakan sebagai badan publik pada sebuah lembaga Pemerintahan yang sangat strategis dalam upaya membangun citra positif bagi Pemerintahan.
Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui mengapa pelaksanaan kegiatan media monitoring itu diperlukan dalam sebuah instansi Pemerintah seperti pada Kemkominfo, dan juga untuk mengetahui langkah-langkah yang dilakukan dalam proses pelaksanaan kegiatan media monitoring.
Penulis menggunakan teori new media dan teori S-O-R, dimana kedua teori tersebut membahas mengenai adanya komunikasi digital pada era globalisasi zaman modern yang dapat memudahkan publik/masyarakat untuk menyajikan/mendapatkan sebuah informasi dan mengungkapkan adanya reaksi akibat dari adanya penyebaran informasi yang diberikan oleh media, terdapat kaitan erat antara pesan-pesan media dengan reaksi dari khalayak. Subjek penelitian dalam penelitian ini ialah terdiri dari satu key informant dan lima informant. Teknik pengumpulan data menggunakan wawancara, observasi, studi kepustakaan, studi dokumentasi, dan triangulasi.
Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa adanya kegiatan media monitoring dalam pemberitaan registrasi kartu prabayar yang dilakukan pada Biro Humas Kemkominfo tersebut dilakukan agar Kemkominfo mengetahui baik buruknya citra Kemkominfo di mata publik dengan menganalisis berita-berita terkait Kemkominfo dan dijadikan suatu bentuk kontrol/pengumpulan informasi mengenai tahapan pencapaian tujuan sebuah program yaitu wajib melakukan registrasi pada nomor kartu prabayar.

 Ketersediaan

#
Perpustakaan USNI Kampus A Location name is not set
82003468
Tersedia

  Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
 : USNI  : JAKARTA
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas