Informasi
Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog
Text
PENGARUH NILAI PERSEDIAAN DAN GROSS PROFIT MARGIN TERHADAP MARKET VALUE PERUSAHAAN (Studi Empiris : Perusahaan Manufaktur Barang Konsumsi Yang Terdaftar Di Bursa Efek Indonesia)
Penelitian ini bertujuan untuk memperoleh bukti empirik mengenai
pengaruh nilai persediaan dan gross profit margin terhadap market value
perusahaan.
Variabel yang digunakan dalam penelitian ini adalah: (1) variabel
dependen: market value (2) variabel independen: nilai persediaan dan gross
profit margin.
Sampel yang digunakan dalam penelitian ini adalah 26 perusahaan
manufaktur barang konsumsi yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia. Data
yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan periode tahun
2013 sampai dengan tahun 2015
Metode analisis yang digunakan adalah analisis regresi linear berganda
dengan bantuan program Microsoft Excel dan Statistical Package for the Social
Sciences (SPSS) versi 21.0
Hasil pengujian ini menunjukkan bahwa secara simultan terdapat
pengaruh yang signifikan antara nilai persediaan dan gross profit margin
terhadap market value perusahaan. Sementara hasil penelitian secara parsial
menunjukkan bahwa terdapat pengaruh yang signifikan antara nilai persediaan
dan gross profit margin terhadap market value.
Ketersediaan
Informasi Detail
Judul SeriVersi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain