Informasi
Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog
Text
Resepsi Khalayak Pada Campaign Menjaga Kelestarian Lingkungan #Ajinomotohealthprovider Instagram @Pandawaragroup
Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis resepsi khalayak terhadap
kampanye menjaga kelestarian lingkungan yang dilakukan oleh @pandawaragroup
di Instagram dengan tagar #AjinomotoHealthProvider. Metode yang digunakan
dalam penelitian ini adalah kualitatif dengan pendekatan studi resepsi. Data
dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan diskusi kelompok terfokus (Focus
Group Discussion).
Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif dengan
pendekatan analisis resepsi. Data dikumpulkan melalui wawancara mendalam dan
diskusi kelompok terfokus (Focus Group Discussion) dengan sembilan informan
yang berbeda latar belakang sosial dan budaya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa khalayak memiliki berbagai macam
pemahaman dan interpretasi terhadap pesan kampanye yang disampaikan.
Mayoritas responden memahami dan mendukung kampanye ini karena dianggap
memberikan kontribusi positif terhadap kelestarian lingkungan. Namun, ada juga
responden yang skeptis terhadap efektivitas kampanye tersebut.
penelitian ini juga menemukan adanya tantangan dalam menjangkau
khalayak dengan status ekonomi rendah yang mungkin kurang berpartisipasi dalam
upaya pelestarian lingkungan. Oleh karena itu, kampanye ini disarankan untuk
memperluas jangkauan ke segmen khalayak yang lebih beragam dan merancang
strategi komunikasi yang lebih efektif
Kesimpulan dari penelitian ini bahwa media sosial, khususnya Instagram,
efektif digunakan sebagai sarana kampanye lingkungan, meskipun terdapat
tantangan dalam mengubah perilaku khalayak.
Ketersediaan
Informasi Detail
Judul SeriVersi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain