Detail Cantuman

Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog


Text

TREND OUTFIT OF THE DAY PADA INSTAGRAM SEBAGAI CITRA DIRI DALAM GAYA HIDUP KONSUMTIF GEN-Z

Fenomena OOTD di Instagram berkembang menjadi tren populer di
kalangan generasi Z. Melalui unggahan ini, generasi Z menampilkan citra diri ideal,
menjadikan Instagram sebagai ruang visual yang strategis dalam membangun citra
diri.
Landasan teori yang digunakan adalah teori dramaturgi Erving Goffman
yang membahas front stage, back stage, impression management, dan stigma.
Selain itu, landasan konseptual penulisan ini juga mengangkat budaya visual media
sosial dan gaya hidup generasi Z dalam menggunakan Instagram sebagai ruang
presentasi diri.
Penulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode
wawancara mendalam. Informan penulisan berjumlah lima orang generasi Z yang
aktif membagikan OOTD di akun Instagram pribadi mereka.
Hasil penulisan menunjukkan informan secara sadar mengelola outfit,
lokasi, dan tampilan feed untuk membangun citra ideal. Di sisi lain, mereka
menyembunyikan realitas keseharian yang tidak sesuai dengan citra yang ingin
ditampilkan.
Kesimpulan penulisan ini menunjukkan bahwa konstruksi citra diri generasi
Z melalui OOTD di Instagram merupakan praktik manajemen kesan yang strategis,
sejalan dengan ekspektasi audiens dan budaya visual media sosial.

 Ketersediaan

#
Perpustakaan USNI Kampus A (SKRIPSI) IKOM 2025
8250269
Tersedia

  Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
IKOM 2025
Penerbit
 : Universitas Satya Negara Indonesia  : JAKARTA
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
IKOM 2025
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas