Informasi
Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog
Text
TREND OUTFIT OF THE DAY PADA INSTAGRAM SEBAGAI CITRA DIRI DALAM GAYA HIDUP KONSUMTIF GEN-Z
Fenomena OOTD di Instagram berkembang menjadi tren populer di
kalangan generasi Z. Melalui unggahan ini, generasi Z menampilkan citra diri ideal,
menjadikan Instagram sebagai ruang visual yang strategis dalam membangun citra
diri.
Landasan teori yang digunakan adalah teori dramaturgi Erving Goffman
yang membahas front stage, back stage, impression management, dan stigma.
Selain itu, landasan konseptual penulisan ini juga mengangkat budaya visual media
sosial dan gaya hidup generasi Z dalam menggunakan Instagram sebagai ruang
presentasi diri.
Penulisan ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif dengan metode
wawancara mendalam. Informan penulisan berjumlah lima orang generasi Z yang
aktif membagikan OOTD di akun Instagram pribadi mereka.
Hasil penulisan menunjukkan informan secara sadar mengelola outfit,
lokasi, dan tampilan feed untuk membangun citra ideal. Di sisi lain, mereka
menyembunyikan realitas keseharian yang tidak sesuai dengan citra yang ingin
ditampilkan.
Kesimpulan penulisan ini menunjukkan bahwa konstruksi citra diri generasi
Z melalui OOTD di Instagram merupakan praktik manajemen kesan yang strategis,
sejalan dengan ekspektasi audiens dan budaya visual media sosial.
Ketersediaan
Informasi Detail
Judul SeriVersi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain