Informasi
Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog
Text
STRATEGI KOMUNIKASI PEMASARAN BANK MANDIRI CABANG TAMAN PALEM LESTARI DALAM MEMPROMOSIKAN KREDIT USAHA MIKRI DI PASAR CENGKARENG JAKARTA
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui strategi komunikasi pemasaran
yang tepat untuk digunakan oleh Bank Mandiri Cabang Taman Palem Lestari
dalam mempromosikan produk/jasa yang ditawarkan kepada calon UMKM.
Pertanyaan yang diajukan ialah bagaimana strategi komunikasi pemasaran PT.
Bank Mandiri Cabang Taman Palem Lestari dalam mempromosikan kredit usaha
mikro di pasar Cengkareng Jakarta-Barat.
Landasan teori yang digunakan ialah Teori Bauran Pemasaran dengan
4P, Product (Produk), Price (Harga), Place (Tempat), Promotion (Promosi)
dengan menggunakan metode studi kasus dimana subyek penelitiannya berada di
Bank Mandiri Cabang Taman Palem Lestari.
Pengumpulan data yang dilakukan melalui observasi dan wawancara
mendalam terhadap key informant yaitu Public Relation Bank Mandiri Kantor
Wilayah Regional 3 dan beserta 3 orang informan yaitu Ibu Kartika Novieta Sari
selaku Micro Banking Manager (MBM), Ibu Qoriati Hikmah selaku Micro
Banking Analisis (MKA), dan Bapak Hermanto selaku Micro Kredit Sales (MKS).
Hasil yang didapat ialah strategi komunikasi pemasaran yang digunakan
oleh Bank Mandiri ternyata menggunakan tiga cara, yakni melalui iklan
(Advertising), penjualan secara tatap muka (Personal Selling), dan pemasaran
langsung (Direct Selling).
Kesimpulan penelitian ini MKS Bank Mandiri menawarkan jasa secara
tatap muka langsung kepada calon konsumen UMKM, misalkan membagikan
brosur-brosur lalu mengajak minat para calon UMKM untuk bergabung dengan
Bank Mandiri. Dan yang terakhir adalah direct selling (pemasaran langsung),
dengan mengadakan gerebek pasar.
Ketersediaan
Informasi Detail
Judul SeriVersi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain