Informasi
Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog
Text
Representasi Komunikasi Krisis Pasokan BBM Pt Shell Indonesia Terhadap Respon Publik Di Instagram @shell_indonesia Januari 2025
Komunikasi krisis sangat penting dalam mengatasi suatu krisis pada
perusahaan atau organisasi. Penelitian ini merepresentasikan komunikasi krisis
yang dilakukan oleh PT Shell Indonesia dalam menghadapi krisis pasokan BBM
pada Januari 2025, serta respon publik yang tercermin melalui interaksi di media
sosial Instagram.
Tujuan pada penelitian ini adalah untuk merepresentasikan komunikasi krisis
yang dilakukan PT Shell Indonesia saat terjadi krisis pasokan BBM serta bagaimana
respon yang diberikan publik khususnya di Instagram @shell_indonesia.
Penelitian ini menggunakan teori Corporate Apologia untuk mengidentifikasi
strategi komunikasi krisis yang digunakan perusahaan dan teori Analisis Konten
untuk menganalisis Instagram @shell_indonesia.
Pendekatan yang digunakan yaitu kualitatif dengan metode observasi,
wawancara, dan dokumentasi. Dengan menggunakan paradigma konstruktivisme,
dan metode studi kasus.
Hasil penelitian menunjukan bahwa PT Shell Indonesia menggunakan
strategi denial, differentiation, blostering, dan transcendence untuk
mengkomunikasikan krisis. Serta respon publik yang diberikan yaitu meminta agar
pihak Shell memberikan kepastian akan tersedianya BBM, transparansi, dan agar
krisis tersebut tidak terjadi lagi.
Ketersediaan
Informasi Detail
Judul SeriVersi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain