Detail Cantuman

Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog


Text

STRATEGI KOMUNIKASI TIM MEDIA SOSIAL INSTAGRAM HUMAS PEMERINTAH KOTA TANGERANG SELATAN @humaskotatangsel DALAM PENYAMPAIAN INFORMASI PUBLIK

In digital era, the government utilizes social media as a means of public communication. Communication strategies are employed to ensure that messages are delivered effectively and help build a positive image. This study aims to explore the communication strategy of the social media team of the Public Relations Division of the South Tangerang City Government (@humaskotatangsel) in delivering public information.
The theoretical foundation used in this research is the Social Information Processing Theory. This theory explains how interaction is formed through non-face-to-face communication, specifically through computer-mediated communication, including social media.
This study uses a qualitative approach with a post-positivist paradigm. The research method applied is a case study with a descriptive nature. Data collection techniques include in-depth interviews, observation, and documentation. The data analysis techniques consist of data reduction, data presentation, and conclusion drawing.
The findings reveal that the communication strategies of @humaskotatangsel in delivering public information are carried out through the stages of interpersonal information, impression formation, and relationship development, combined with the characteristics of social media. The use of appropriate language style, visual symbols, and responsive interaction enables the public relations team to successfully disseminate information and build a positive image of the public.
In conclusion, the communication strategies of the Tangerang Selatan City Government Public Relations social media team effectively facilitate the delivery of public information, strengthen interactions between the government and the public, and contribute to the construction of a positive government image in the digital sphere.

 Ketersediaan

#
Perpustakaan USNI Kampus A (SKRIPSI) IKOM 2025
8250260
Tersedia

  Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
IKOM 2025
Penerbit
 : Universitas Satya Negara Indonesia  : JAKARTA
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
IKOM 2025
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas

  • Strategi Komunikasi Tim Media Sosial Instagram Humas Pemerintah Kota Tangerang Selatan @humaskotatangsel Dalam Penyampaian Informasi Publik
    Di era digital saat ini pemerintah memanfaatkan media sosial sebagai sarana komunikasi publik. Strategi komunikasi digunakan untuk memastikan pesan tersampaikan secara efektif dan membangun citra positif. Penelitian ini bertujuan mengetahui Strategi komunikasi tim media sosial Humas Pemerintah Kota Tangerang Selatan @humaskotatangsel dalam menyampaikan informasi publik. Landasan teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah Teori Social Information Processing. Teori ini menjelaskan bagaimana interaksi terjalin dengan cara selain tatap muka, yaitu terbentuk dalam komunikasi berbasis media komputer, termasuk media sosial. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif, Paradigma Post-Positivisme, metode penelitian studi kasus, sifat penelitian deskriptif, Teknik pengumpulan data yaitu wawancara mendalam, observasi dan dokumentasi, Teknik analisis data yaitu reduksi data, penyajian data dan kesimpulan. Hasil Penelitian menjelaskan bahwa Strategi Komunikasi Tim Media Sosial Humas Pemerintah Kota Tangerang Selatan dalam Penyampaian Informasi Publik melalui tahapan interpersonal information, impression formation, dan relationship development dan karakteristik media sosial penyampaian informasi kepada masyarakat. Dengan pemilihan gaya bahasa dan simbol dalam penyebaran informasi, serta responsif dalam berinteraksi membuat humas tangsel berhasil dalam penyampaian informasi dan membentuk citra positif di mata publik. Kesimpulan penelitian menjelaskan bahwa Strategi Komunikasi Tim Media Sosial Humas Pemerintah Kota Tangerang Selatan dalam Penyampaian Informasi publik berjalan secara efektif dan dapat membangun interaksi antara pemerintah dengan masyarakat serta membangun citra positif dimata public