Informasi
Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog
Text
Implementasi Algoritma K-Means untuk Pengelompokan Data Customer pada Toko Dreams Reality
Pelanggan potensial adalah pelanggan yang loyal terhadap perusahaan yang akan melanjutkan pembelian produk atau jasa tersebut walaupun dihadapkan pada banyak alternatif produk atau jasa yang lebih unggul dipandang dari berbagai sudut atributnya. Usaha untuk mempertahankan pelanggan ini menjadi hal yang penting bagi Toko Dreams Reality mengingat semakin banyaknya usaha retail yang menjual produk yang sama. Untuk mencegah terjadinya perpindahan pelanggan ini, maka perlu diketahui kelompok pelanggan yang potensial, sehingga pihak toko bisa melindungi pelanggan potensial tersebut dengan cara memberikan pelayanan prima dan memberikan diskon.
Atribut yang digunakan jumlah transaksi dan total harga yang bertujuan untuk menerapkan salah satu metode pengolahan data mining menggunakan algoritma k-means dengan mempartisi data ke dalam cluster sehingga data menyesuaikan masing-masing karakteristik untuk dikelompokan sesuai cluster. Kemudian hasil dari clustering akan dianalisis untuk mengetahui pelanggan yang masuk dalam kategori lebih potensial.
Ketersediaan
Informasi Detail
Judul SeriVersi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain