Informasi
Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog
Text
Pola KomunikasiI Guru dan Murid Etnis Papua Di Sekolah Anak Indonesia
Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui bagaimana pola komunikasi etnis Papua dan apa saja hambatan yang terjadi pada guru dan murid di Sekolah Anak Indonesia yang berbeda budaya. Landasan teori yang digunakan adalah teori Interaksi Simbolik. Menggunakan landasan konseptual pengertian dan unsur dasar komunikasi, pola komunikasi, komunikasi interpersonal, bahasa verbal dan non verbal dalam komunikasi, hambatan komunikasi, dan etnis. Pendekatan yang digunakan dalam penelitian ini pendekatan kualitatif. Paradigma konstruktivis. Metode penelitian studi kasus. Penelitian ini memiliki sifat kualitatif deskriptif. Menggunakan teknik pengumpulan data berupa observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil penelitian ini yaitu pola komunikasi yang paling digunakan dalam proses belajar mengajar adalah pola komunikasi sekunder yaitu dengan
menggunakan alat sebagai media dan pola komunikasi sirkular dengan adanya proses kontak mata secara langsung antara guru dan murid Papua. Sedangkan faktor penghambat dalam komunikasi antara guru dan murid Papua yaitu hambatan semantic dengan penggunaan bahasa baku yang digunakan oleh guru dan hambatan psikologis cenderung murid Papua memiliki sifat individualisme. Kesimpulan dalam penelitian ini saat proses belajar mengajar yang diterapkan untuk memaksimalkan pembelajaran setiap murid diperhatikan satu per satu perkembangannya sesuai dengan potensi yang dimiliki masing-masing.
Ketersediaan
Informasi Detail
Judul SeriVersi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain