Informasi
Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog
Text
Representasi Gaya Hidup Hedonis Dalam Film Orang Kaya Baru
Film Orang Kaya Baru merupakan film drama komedi keluarga karya Ody
Harahap, dalam film ini menunjukkan gaya hidup hedonis. Gaya hidup hedonis
sering kali diartikan kenikmatan, kesenangan terhadap apa yang dilakukan oleh
individu. Gambaran gaya hidup hedonis seperti berfoya-foya dengan
menghamburkan uangnya dengan tujuan kesenangan hidup di dunia.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konstruksi realitas
sosial media massa. Subjektivitas yang di konstruksi oleh produksi teks media
sebagai objektivitas yang dipublikasikan oleh media massa. dari media mampu
membentuk makna-makna bersifat universal, yang berasal dari proses interaksi
dari khalayak, inilah yang membuat media massa membentuk realitas sosial
dengan mengkonstruksikan realitas dari peristiwa yang akan dituangkan dalam
media.
Penelitian ini menggunakan paradigma konstruktivistik, pendekatan
kualitatif, dengan menggunakan analisis semiotika Roland Barthes. Data yang
digunakan dalam penelitian ini berupa rangkaian audio dan potongan gambar
(scene) dalam Film Orang Kaya Baru yang mengarah pada gaya hidup hedonis.
Hasil penelitian yang didapatkan oleh penulis adalah dalam Film Orang
Kaya Baru yang menunjukkan gaya hidup hedonis sebagai suatu budaya yang
dimana kepuasan materi menjadi tujuan utama untuk memicu melakukan aktivitas
yang jauh dari moralitas. Ditemukan bahwa gaya hidup hedonis dalam Film
Orang Kaya Baru digambarkan seperti hidup mewah, perilaku konsumtif, sikap
pamer, perilaku boros, perawatan tubuh, dan pergaulan bebas.
Film Orang Kaya Baru terdapat representasi yang menunjukkan gaya
hidup hedonis yang ditunjukkan oleh orang kaya baru (OKB). Hedonis menjadi
gaya hidup yang dapat melanggar norma-norma yang berlaku dalam masyarakat.
Ketersediaan
Informasi Detail
Judul SeriVersi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain