Informasi
Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog
Text
Pengaruh Tayangan Iklan Tokopedia Waktu Indonesia Belanja terhadap Minat Beli Konsumen (Survei pada Remaja RW 01 Kelurahan Pangkalan Jati, Cinere)
Situs jual beli di Indonesia kian hari semakin berkembang, hal ini
dimanfaatkan oleh Tokopedia untuk merebut hati konsumen. Salah satu cara yang
dilakukan Tokopedia adalah dengan strategi tayangan iklan di berbagai platform
online, yang bertujuan untuk mempengaruhi konsumen. Penelitian ini bertujuan
untuk mengetahui pengaruh tayangan iklan tokopedia waktu Indonesia belanja
terhadap minat beli konsumen.
Teori yang digunakan adalah teori S-O-R sebagai singkatan dari stimulusorganism-response ini semula berasal dari psikologi. Teori ini menyatakan
apabila stimulus response, efek yang ditimbulkan adalah reaksi khusus terhadap
stimulus khusus, sehingga seseorang dapat mengharapkan dan memperkirakan
kesesuaian antara pesan dan reaksi komunikasi.
Penelitian ini menggunakan paradigm positivistic dengan pendekatan
kuantitatif, metode yang digunakan survei dan sifat penelitian eksplanatif.
Populasi dalam penelitian adalah remaja RW 01 Kelurahan Pangkalan Jati,
Cinere, yaitu sebanyak 1278 orang. Teknik sampling yang digunakan dalam
penelitian adalah teknik Purposive Sampling dengan jumlah responden 93 orang.
Hasil penelitian uji korelasi nilai signifikan 0,000 dan nilai Pearson
Correlation 0,801 yang diartikan memiliki tingkat hubungan yang kuat dan
sederhana antara variabel X dan variabel Y. Dalam hasil uj regresi linear
sederhana diperoleh nilai sebesar Y = 8,155 + 0.515X, yang berarti uji regresi
nilai X sebesar 0,515. Kemudian dalam hasl uji T diperoleh nilai Thitung lebih besar
dari Ttabel (12,778 > 1,986).
Kesimpulan yang dhasilkan dari variabel X dan variabel Y menunjukkan
bahwa adanya pengaruh yang signifikan antara variabel tayangan iklan tokopedia
waktu Indonesia belanja terhadap minat beli konsumen, sehingga memperoleh
hipotesis Ho ditolak dan Ha diterima.
Ketersediaan
Informasi Detail
Judul SeriVersi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain