Detail Cantuman

Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog


Text

Pengaruh Risiko Kredit, Risiko Likuiditas, Risiko Tingkat Bunga Terhadap Return On Asset (ROA) (Studi Kasus pada Perusahaan Perbankan yang Terdaftar di Bursa Efek Indonesia 2015-2018)

Bank dalam menjalankan kegiatan bisnisnya mengandung risiko yang melekat, semakin tinggi kompleksitas usaha yang dijalankan oleh Bank, maka akan semakin meningkat pula risiko yang dihadapi Bank. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh risiko kredit, risiko likuiditas risiko tingkat bunga terhadap ROA pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia tahun 2015-2018.
Data yang digunakan adalah data sekunder berupa laporan keuangan. Pengumpulan data diambil dengan teknik dokumentasi yang bersumber dari laporan publikasi bank. Pengambilan sampel dilakukan purposive sampling. Penelitian ini menggunakan metode regresi liner berganda. Karena data yang digunakan adalah data sekunder, maka untuk menentukan ketepatan model perlu dilakukan pengujian atas beberapa asumsi klasik yang mendasari model regresi. Pengujian asumsi klasik yang digunakan dalam penelitian meliputi uji normalitas, multikolinearitas, heteroskedatisitas, dan autokorelasi.
Hasil penelitian menunjukan bahwa risiko kredit tidak berpengaruh terhadap ROA, Risiko Likuiditas berpengaruh negative terhadap ROA. Hal ini menunjukkan bahwa semakin besar besar risiko likuiditas maka ROA akan semakin mengecil. Risiko tingkat bunga berpengaruh terhadap ROA, hal ini menunjukkan bahwa semakin rendah risiko tingkat bunga maka semakin rendah pula ROA bank tersebut. Serta risiko kredit, risiko likuiditas, dan risiko tingkat bunga berpengaruh secara simultan terhadap ROA pada perusahaan perbankan yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.

 Ketersediaan

#
Perpustakaan USNI Kampus B AKT 2020
8201046
Tersedia

  Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
 : USNI  : JAKARTA
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas