Detail Cantuman

Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog


Text

Keterpaduan Pasar Ikan Laut Segar Di Pasar Muara Baru Jakarta Utara Dan Pasar Jembatan Lima Jakarta Barat

Integrasi pasar atau Keterpaduan pasar merupakan salah satu indikator dari efisiensi pemasaran, khususnya efiesiensi harga. Keterpaduan pasar merupakan penggabungan antara beberapa lembaga pemasaran yang secara fungsional dan ekonomi menjadi satu kesatuan dalam sistem pemasaran. Asmarantaka (2009) menyatakan bahwa integrasi pasar merupakan suatu ukuran yang menujukkan seberapa jauh perubahan harga yang terjadi di pasar acuan sehingga menyebabkan terjadinya perubahan harga pada pasar pengikutnya.
Latar Belakang fenomena permasalahan penelitian ini yaitu adanya perbedaan harga ikan di pasar Muara Baru Jakarta Utara dan pasar Jembatan Lima Jakarta Barat. Hal tersebut dapat dilihat pada perubahan harga ikan di pasar Muara Baru dengan pasar di jakarta barat. Berdasarkan hal tersebut maka penelitian dengan judul “Keterpaduan Pasar Ikan Laut Segar di Pasar Muara Baru Jakarta Utara dan Pasar Jembatan Lima di Jakarta Barat” dilakukan untuk mengetahui apakah terdapat tingkat keterpaduan pasar antara pasar ikan di Pasar Muara Baru Jakarta Utara dan Pasar Jembatan Lima Jakarta Barat.
Penelitian ini bertujuan untuk 1) Menganalisis Tingkat Keterpaduan Pasar Ikan Laut Segar di Muara Baru Jakarta Utara dan Pasar Jembatan Lima Jakarta Barat. 2) Mengetahui kondisi pasar ikan di Muara Baru Jakarta Utara dan Pasar Jembatan Lima Jakarta Barat.
Penelitian ini dilaksanakan dari bulan Mei sampai Juli 2018 di Pelelangan Pasar Ikan Muara Baru, Jakarta Utara. Metode penelitian yang digunakan yaitu dengan mengumpulkan data primer dan data sekunder dengan metode rumus analisis Index of Market Connection.
Hasil dari perhitungan Index of Market Connection didapatkan hasil nilai IMC pada Ikan Bandeng sebesar 0,946. Nilai IMC pada Ikan Kembung sebesar 0,152. Nilai IMC pada Ikan Tenggiri sebesar -0,022. Dan Nilai pada Ikan Tongkol sebesar 2,028.
Kesimpulan dari penelitian ini adalah Berdasarkan Index Of Market Connection dari keempat ikan Bandeng, Kembung, Tenggiri, Tongkol didapatkan bahwa terdapat keterpaduan pasar jangka pendek dan jangka panjang di tiga ikan yaitu Bandeng,Kembung,dan Tenggiri. Sedangkan untuk ikan Tongkol hanya terdapat keterpaduan jangka pendek dan tidak terdapat keterpaduan jangka panjang. Kondisi pasar ikan di muara baru dan jembatan lima cukup strategis dan para pelapak ikan pun tertata dengan rapih sehingga terciptanya kenyamanan saat proses transaksi jual beli antar pedagang dengan konsumen.

 Ketersediaan

#
Perpustakaan USNI Kampus A (SKRIPSI) Location name is not set
8220080
Tersedia

  Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
 : USNI  : JAKARTA
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas