Detail Cantuman

Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog


Text

PENERAPAN DATA MINING UNTUK PENGELOMPOKAN DATA PELANGGAN PT. USAHA GEMILANG UTAMA MENGGUNAKAN ALGORITMA K-MEANS

Loyalitas Pelanggan adalah kesetiaan pihak yang menggunakan produk atau jasa baik untuk keperluannya sendiri maupun sebagai perantara bagi keperluan pihak lain untuk terus berlangganan pada perusahaan dalam jangka panjang. Ketersediaan data dari banyaknya transaksi pelanggan di PT. Usaha Gemilang Utama dapat dimanfaatkan dengan algoritma k-means untuk mengetahui pelanggan yang hanya sekali melakukan transaksi maupun pelanggan dengan loyalitas tinggi sehingga usaha untuk mempertahankan dan membangun kepercayaan antara pelanggan dan perusahaan sudah menjadi kewajiban yang harus dijalankan karena akan menjadi sumber pemasukan dan mencegah terjadinya perpindahan pelanggan mengingat semakin banyaknya pesaing. Atribut yang digunakan quantity, jumlah transaksi, jumlah harga yang bertujuan untuk menerapkan salah satu metode pengolahan data mining menggunakan algoritma k-means dengan mempartisi data ke dalam cluster sehingga data menyesuaikan masing-masing karakteristik untuk dikelompokan sesuai cluster. Kemudian hasil dari clustering akan dianalisis untuk mengetahui pelanggan yang masuk dalam kategori loyalitas tinggi untuk diberikan diskon sehingga bisa di jadikan solusi sebagai bahan pertimbangan yang tepat.

 Ketersediaan

#
Perpustakaan USNI Kampus A TI 2018
08180171
Tersedia

  Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
TI 2018
Penerbit
 : USNI  : JAKARTA
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
-
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas