Informasi
Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog
Text
Makna Simbolik Logo PT. UNILEVER INDONESIA Tbk (Analisis Semiotika Charles Sanders Pierce)
Tujuan penelitian ini ingin meneliti tanda-tanda yang ada pada logo PT.
Unilever Indonesia Tbk, dan berusaha merepresentasikan mengenai visi misi dan
produk perusahaan yang diaplikasikan pada sebuah logo untuk mendekatkan para
konsumen dengan ciri khas dan karakter dari perusahaan itu sendiri.
Logo tersebut dipilih sebagai objek penelitian karena dibalik dari logo
tersebut terdapat hal yang menarik untuk dijadikan sebagai pesan sosial ataupun
sisi moralitas sosial bagi masyarakat. Teks, gambar serta tanda-tanda yang
dianalisis pada penelitian ini adalah sebagai komunikasi verbal dan nonverbal
yang mempunyai makna simbolik.
Penelitian dilakukan dengan metode analisis deskriptif atau lebih dikenal
dengan istilah semiotika. Semiotika dianggap tepat untuk mengetahui atau
mengurai sesuatu yang ada dibalik pemakaian simbol atau tanda dari logo. Yang
diperoleh dari hasil penelitian ini adalah kita dapat mengetahui makna dari
penguraian simbol atau tanda yang ada dalam logo PT. Unilever Indonesia Tbk.
Pengumpulan data menggunakan teknik observasi dan wawancara serta
studi pustaka yang dianalisis dengan menggunakan teori Semotika yang
dikemukakan oleh Charles Sanders Peirce.
Ketersediaan
Informasi Detail
Judul SeriVersi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain