Informasi
Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog
Text
KONSTRUKSI REALITAS SOSIAL BUDAYA DALAM IKLAN SARI WANGI VERSI #MARIBICARA (Analisis Semiotika Rolland Barthes)
Penelitian ini di latar belakangi oleh konstruksi realitas sosial yang
ditampilkan pada iklan sariwangi versi #maribicara yang menunjukkan interaksi
yang terjadi pada kehidupan nyata.
Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah teori konstruksi realitas media
massa. Dimana menurut Safwedha & Suprihatini (2019) teori konstruksi realitas
sosial media massa ini merupakan suatu aliran informasi yang terjadi secara cepat
dan luas sehingga adanya konstruksi sosial berlangsung sangat cepat dan tersebar
merata di seluruh bidang.
Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah Semiotika Roland
Barthes dimana salah satu ilmu Semiotika yang dipakai untuk mengkonstruksikan
tanda seperti kode, bahasa, sinyal atau hal lainnya.
Hasil penelitian menunjukkan bahwa meskipun terjadi perbedaan pendapat,
musyawarah dan komunikasi yang baik akan mampu membantu menyelesaikan
permasalahan yang ada.
Kesimpulan pada penelitian ini yaitu dibutuhkan sikap toleransi yang tinggi berupa
kebesaran hati dan menghargai dalam memadukan ragam budaya yang ada di
Indonesia untuk mencapai tujuan bersama dan menghindari konflik berkelanjutan.
Ketersediaan
Informasi Detail
Judul SeriVersi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain