Detail Cantuman

Informasi


Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog


Text

REPRESENTASI PERAN KIAI DAN PESAN DAKWAH DALAM FILM SANG PENCERAH ANALISIS SEMIOTIKA ROLLAND BARTHES

Pesan dapat disampaikan dengan banyak cara, salah satunya pesan disampaikan melalui film. Film tidak hanya mereprepesentasikan tontonan semata, banyak pesan terkandung dan pesan direpresentasikan. Salah satu Film yang menjadi perhatian penulis adalah film sang Sang Pencerah. Film yang disutradarai oleh Hanung Bramantyo mengisahkan pahlawan nasional pendiri Muhammadiyah, KH Achmad Dahlan. Penulis pahami film Sang Pencerah tidak saja mengisahkan perjuangan dan mengisahkan sosok pahlawan, tetapi film yang merepresentasikan sosok Kiai dengan pesan dakwahnya.
Penelitian ini menggunakan teori semiotika Rolland Barthes dengan paradigma kostruktivis.
Paradigma konstruktivis memandang sebagai analisis sistematis pada socially meaningful action dengan cara pengamatan, memerhatikan langsung dan terperinci terhadap berbagai realitas sosial guna menciptakan dan memelihara, mengelola realitas sosial.
Peneliti berupaya menganalisa, mengamati setiap adegan scene pada film Sang Pencerah, analisa untuk memetakan adegan mana saja yang melingkupi terma denotasi, konotasi, dan mitos.
Berdasarkan analisa yang dilakukan ditemukan beberapa adegan scene yang menegaskan pesan dakwahnya. Di setiap adengan scene pada film tersebut hampir semuanya mencakup pesan dakwah, sehingganpeneliti dengan mudah menjelaskan dimana konteks Denotasi, Konotasi dan Mitosnya.

 Ketersediaan

#
Perpustakaan USNI Kampus A (Skripsi) Location name is not set
8240071
Tersedia

  Informasi Detail

Judul Seri
-
No. Panggil
-
Penerbit
 : Universitas Satya Negara Indonesia  : JAKARTA
Deskripsi Fisik
-
Bahasa
Indonesia
ISBN/ISSN
-
Klasifikasi
NONE
Tipe Isi
text
Tipe Media
-
Tipe Pembawa
-
Edisi
-
Subjek Info Detail Spesifik
-
Pernyataan Tanggungjawab

Versi lain/terkait

Tidak tersedia versi lain

Lampiran Berkas