Informasi
Akses Katalog Publik Daring - Gunakan fasilitas pencarian untuk mempercepat penemuan data katalog
Text
Makna Pesan Visual Iklan Multivitamin Egoji Chewy Gummy Versi Dino Di Media Televisi (Analisis Semiotika Roland Barthes)
Dalam penelitian ini, peneliti memfokuskan masalah pada pemaknaan iklan televisi multivitamin Egoji Chewy Gummy Versi “Dino” yang menampilkan karakter Stego, Bronto dan T-rex dengan menggunakan analisis semiotika. Semiotika yaitu mempelajari tentang keberadaan sebuah tanda sehingga membentuk persepsi manusia. Analisis dilakukan dengan menggunakan semiotika Roland Barthes yang bertujuan untuk menemukan makna denotasi, konotasi, serta mitos di dalam iklan multivitamin Egoji Chewy Gummy Versi “Dino”.
Semiotika, atau dalam istilah Barthes, semiologi, pada dasarnya hendak mempelajari bagaimana kemanusiaan (humanity) memaknai hal-hal (things). Memaknai (to sinify) dalam hal ini tidak dapat dicampuradukkan dengan mengkomunikasikan (to communicate). Memaknai berarti bahwa objek-objek tidak hanya membawa informasi, dalam hal mana objek-objek itu hendak berkomunikasi, tetapi juga mengkonstitusi sistem terstruktur dari tanda.
Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif dengan paradigma konstruktivisme. Paradigma konstruktivisme memandang sebuah realitas tidak pernah terpisah dari pengamat. Pengamat yang berhak menilai seperti apa realitas tersebut, sehingga kebenaran yang didapat dapat berbeda pada masing-masing individu.
Ketersediaan
Informasi Detail
Judul SeriVersi lain/terkait
Tidak tersedia versi lain